Cyberdyne Inc akan memproduksi HAL (Hybrid Assistive Limb) alat bantu berjalan robotik.

Screenshot (373)

Cyberdyne Inc. yang berdiri di Tsukuba, Prefektur Ibaraki , telah mengajukan persetujuan pemerintah Jepang untuk mempoduksi dan menjual alat robotic yang membantu manusia untuk berjalan, ucap perusahaan itu.

Alat tersebut dibri nama HAL (Hybrid Assistive Limb), yang di desain untuk meningkatkan gerakan kaki bagi pengguna yang mempunyai cacat fisik. Alat ini akan disetujui sebagai alat robotic pertama untuk penggunaan media di tahun ini.

Yoshiyuki Sankai, presiden dari perusahaan tersebut dan juga profesor di Universitas Tsukuba, mengembangkan robot, dimana  dirancang untuk meningkatkan fungsi berjalan kaki dari pasien dengan gangguan seperti distrofi otot dan amyotrophic lateral sclerosis. Perangkat ini menggunakan sinyal-sinyal listrik yang dikirimkan dari otak pemakainya untuk mengaktifkan motor yang melekat pada kaki untuk membantu berjalan.

Uji klinis telah dilakukan sejak 2013 di sembilan rumah sakit di seluruh negara, yang dipimpin oleh Takashi Nakajima, wakil direktur Rumah Sakit Nasional Organisasi Rumah Sakit Nasional Niigata. Uji coba tertutup 30 pasien dengan gangguan neurologis dan otot. Hasil uji coba dilaporkan menunjukkan perbaikan pada pasien ‘fungsi berjalan dan dikonfirmasi mengenai keamanan produk.

 

Credit : The Yomiuri Shimbun