Museum Mitaka no Mori Ghibli akan membuka pameran ‘Ghost Tower/Yurei-to’ di akhir bulan Mei.

ghibli

Hayao Miyazaki tetap sibuk sejak pengumuman pensiun dirinya dari studio Ghibli , tetapi proyek terbarunya bagaikan sejarah baru. Pada tanggal 30 Mei, museum Mitaka no Mori Ghibli akan membuka pameran baru yang menampilkan karya Hayao Miyazaki terinspirasi dari “Ghost Tower”, novel misteri karya Edogawa Ranpo 1939.

Ranpo merupakan penulis di abad 30 yang memainkan peran besar dalam pengembangan novel misteri Jepang modern. Ranpo merupakan fans berat dari penulis seperti Sir Arthur Conan Doyle dan Edgar Allan Poe. Dengan berbagai karya novel, karya Ranpo “Ghost Tower”( Yurei-to) merupakan salah satu karya yang mengispirasi Hayao Miyazaki.

Dalam pameran yang diberi judul “Welcome to the Ghost Tower” ( Yurei-to he yokoso) akan menampilkan karya ilustrasi Miyazaki dan memperkenalkan novel Ranpo melalui manga. Walaupun Ranpo merupakan penulis asli dan produktif, “Ghost Tower” sebenarnya berbasarkan adaptasi novel Ruiko Kuroiwa “A Woman in Grey” yang dipublikasikan di tahun 1898 dan ditulis oleh penulis asal Inggris Alice Muriel Williamson. Miyazaki yang menemukan novel “Ghost Tower” pertama kali saat SMP, dan inspirasi untuk karya film tahun 1979 “The Castle of Caliostro” berdasar novel tersebut.

Miyazaki yang bertanggung jawab dan sebagai kurator dari pameran sebagai tambahan menambahkan ilustrasi beberapa manga, mengatakakan bahwa dirinya berpikir buku novel tersebut memberikan dampak besar dalam budaya pop. Miyazaki juga menjelaskan pandangannya peran pop dalam buku tersebut, menara jam di novel tersebut juga di desain oleh Miyazaki sendiri, juga diorama dari “The Castle of Cagliostro”, serta labirin akan ditampilkan dalam pameran.

Dengan Miyazaki berperan besar dalam pameran ini, bisa di pastikan pameran ini akan terus penuh, setiap hari, jadi tiket harus dipesan terlebih dulu. Hal ini dilakukan agar dapat menghindarkan pengunjung yang datang dan tidak mendapatkan tiket. Pameran ini dijadwalkan akan digelar selam satu tahun penuh hingga Mei 2016.

Tiket dapat dibeli di Lawson setiap tanggal 10 setiap bulannya, dapat dibeli di cabang Lawson, melalui telepon atau online melalui Loppi. Untuk musum panas sendiri, tiket akan dijual melalui sistem undian. Pemesanan tiket di buan Juli akan tersedia mulai 25 Mei, dan tiket untuk bulan Agustus akan tersedia tanggal 25 Juni, melalui online atau dapat memesan lewat telepon.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjugi laman  Ghibli Museum website (saat ini informasi hanya tersedia dalam bahasa Jepang).

Credit : Mitaka no Mori Ghibli Museum, Anime! Anime!