Furusawa grup Universitas Tokyo berhasil melakukan teleportasi quantum untuk pertama kali di dunia.

Akihabaranews - Quantum Teleportation

Grup Furusawa di Universitas Tokyo telah berhasil mendemonstrasikan teleportasi kuantum bit kuantum fotonik  dengan tehnik hibrid pertama kali di dunia. Di tahun 1997 teleportasi kuantum bit kuantum fotonik berhasil ditemukan oleh tim peneliti di Universitas Innsbruck Austria. Akan tetapi teleportasi kuantum tidak dapat digunakan untuk proses informasi, karena pengukuran diperlukan setelah transportasi, dan efisiensi tranportasi teleportasi tersebut rendah. Jadi, teleportasi kuantum masih jauh dari praktis digunakan untuk komunikasi kuantum dan komputer kuantum. Demonstrasi teleportasi kuantum bit kuantum fotonik yang dilakukan oleh grup Furusawa memperlihatkan efisiensi transportsi 100 kali lebih baik dari sebelumnya. Juga, karena pengukuran tidak diperlukan setelah transportasi, Hasil ini merupakan kemajuan besar terhadap teknologi pengolahan informasi kuantum.

Pada tahun 1997, teleportasi kuantum bit berhasil dicapai, tapi seperti yang saya katakan tadi, itu hanya dicapai dalam arti probabilistik. Pada tahun 1998, kami menggunakan metode yang sedikit berbeda agar berhasil melakukan  teleportasi sempurna. Tetapi pada waktu itu, tidak berhasil mengirim bit kuantum, tapi sesuatu yang berbeda. Sekarang kami telah menggunakan teknologi experimental , yang sukses di tahun 1998, untuk mencapai teleportasi bit kuantum. Judul dari makalah kami “Teknik Hybrid,” dan mengembangkan teknik tersebut dimana akhirnya berhasil.

Teknik hibrid dikembangkan dengan menggabungkan teknologi transportasi gelombang cahaya dengan jarak rentang frekuensi yang luas. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan informasi bit kuantum fotonik menjadi gelombang cahaya tanpa ada gangguan oleh suara bising. Hasil penelitian ini telah di publikasikan di Nature, dan menarik perhatian dunia, sebagai langkah menuju teknologi pengolahan informasi kuantum.

Saya pikir kita pasti dapat mengatakan bahwa komputer kuantum hampir  mendekati kenyataan. Teleportasi dapat dianggap sebagai gerbang kuantum di mana input dan output adalah sama. Jadi, itu diketahui bahwa, jika kita meningkatkan ini sedikit, input dan output dapat diproduksi dalam bentuk yang berbeda. Jika mengubah bentuk input dan output seperti itu dianggap sebagai sebuah program, Anda memiliki gerbang kuantum yang diprogram. Jadi, saya pikir sebuah komputer kuantum dapat dicapai dengan menggabungkan banyak hal.

Ke depannya , grup Furusawa bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transportasi dan membuat perangkat yang lebih kecil dengan menggunakan chip fotonik. Dengan cara ini, para peneliti berencana untuk mencapai kemajuan lebih lanjut untuk menuju komputasi kuantum.

 

Source: Diginfo.tv